Pengertian Al Qur'an



Al Qur'an merupakan Kitab Suci Agama ISLAM. Dalam Islam seorang muslim/muslimah wajib mempercayainya sebagai bagian dari Rukun Iman yang mereka jalankan.

Al Qur'an merupakan puncak dan penutup Wahyu Allah yang diperuntukkan bagi seluruh umat Manusia yang ada di Dunia, bahkan tidak sedikit umat-umat selain Islam yang mempelajari isi Alquran untuk berbagai alasan termasuk mencari kelemahan dari Al quran yang akhirnya masuk Islam karena dahsyatnya kandungan Al Qur'an yang telah ia dapatkan yang mustahil manusia bisa membuat Kitab Al Qur'an tersebut. 

hal tersebut juga dikuatkan dengan adanya Ayat Al Qur'an yang berbunyi :

"Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang memang benar.(QS. Albaqarah : 23)"

Lalu bagaimana jika Kitab Al Qur'an akan dirubah oleh orang-orang yang tidak bertanggung Jawab seperti kitab-kitab terdahulu?
hal ini adalah mustahil dan tidak akan ada yang bisa merubah isi Alquran, seandainya di rubah dalam bahasa yang lain selain Bahasa Arabpun harus menyertakan tulisan dalam bentuk Bahasa Arab karena tidak semua kalimat dalam Alquran  bisa diketahui secara benar oleh manusia karena berupa kode seperti 

 Kenapa ada Kata yang tidak jelas seperti itu? padahal di dalam Alquran diturunkan dengan jelas..
ada beberapa ayat yang mendukungnya :

“Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan dalam bahasa Arab”(QS. Ar Ra’d 13 : 37)
 “dengan bahasa Arab yang jelas”(Qs.Asy Syu’araa’ 26 :195), 
“Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan”(QS, AzZumar 39 : 28)


dan Disinilah bentuk dari Keagungan Allah dalam pembuatan Alqur'an yang di dalamnya terdapat rahasia besar yang perlu dipelajari secara detail oleh umat manusia dari kandungan-kandungan dan makna serta pemposisian ayat-ayat Allah, sehingga tidak perlu diperdebatkan secara berlebihan dan yang perlu kita lakukan adalah mengkajinya lebih mendalam.

Allah sendiri yang akan melindungi Al Qur'an dari mereka-mereka yang ingin memusnahkan Al Qur'an lewat Ayatnya yang memiliki arti :

“Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (Al-Hijr: 9)

Dari ayat diatas sudah menunjukkan bahwa Alqur'an akan terjaga keasliannya sampai akhir Zaman. Seandainya di dalam tulisan yang saya unggah mengenai Alquran ada kesalahan, pasti suatu saat ada yang memberi Saran, Komentar atau sengaja atau tidak saya menemukan kesalahan tersebut.


Title : Pengertian Al Qur'an
Description : Al Qur'an merupakan Kitab Suci Agama ISLAM. Dalam Islam seorang muslim/muslimah wajib mempercayainya sebagai bagian dari Rukun I...

0 Response to "Pengertian Al Qur'an"

Posting Komentar