Malam Jum'at Baca Yasin ataukah Al Kahfi ??



Mungkin sudah menjadi tradisi di negara kita Indonesia dan khususnya di tanah Jawa bahwa membaca surat Yasin di malam jumat menjadi kebiasaan bagi masyarakat secara umum. Lalu adakan sumber yang pasti yang memerintahkan hal tersebut ataukah hanya sebuah tradisi yang masuk ke Indonesia untuk mengislamkan orang-orang Indonesia pada umumnya kala Islam baru pertama masuk dan asing di Indonesia? Mari kita cari tau bersama atas dasar dan kebenarannya secara pasti .
Dalam berbagai sumber, sangat sulit menemukan tentang perintah atau sunnah untuk membaca Yasin di hari jum’at, yang ada justru al kahfi yang dianjurkan untuk dibaca di hari jum’at.  Adapun surat yasin yang merupakan surat yang merupakan jantungnya Al Quran justru dianjurkan untuk dibaca setiap hari bersama Ar Rahman, Al Waqiah dan Al Mulk.

Ayat yang diperintahkan untuk dibaca di malam Jum’at adalah sebagai berikut berdasarkan hadist yang kami temui berbunyi :
"Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalamTakhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

Keutamaan Surat Yasin

Keutamaan Surat Yasin banyak disampaikan oleh ulama dan diantara ada yang menyatakan akan diberi kemudahan yang berlimpah bagi mereka yang membaca surat yasin saat menghadapi kesulitan. Dan ada pula Ulama yang menyebut bahwa yasin sebagai jantung dari Al Quran dengan alasan bahwa yasin menekankan hari kebangkitan dan keimanan seseorang berlandaskan pada imannya kepada hari kebangkitan. Dengan adanya hari kebangkitan akan mendorong manusia untuk beramal soleh.

Ada juga sebuah anjuran ketika kita memanjatkan zikir dan doa yaitu dengan menyertakan surat Yasin, Al Waqiah dan Al Mulk sebagai bacaan yang dibaca setiap malam bagi kita sebagai bekal hidup diri sendiri ketika meninggal. Selain itu manfaat yang lain adalah sebagai pendorong doa kita yang tergantung dilangit agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT

Sedangkan untuk Surat Yasin yang dibaca pada setiap malam jum’at, sampai saat ini belum ditemukan dalil-dalilnya yang sahih baik dari Alquran maupun Hadis yang mungkin bisa dijadikan dasar untuk menjadikan Yasin sebagai bacaan di hari jum’at.



Title : Malam Jum'at Baca Yasin ataukah Al Kahfi ??
Description : Mungkin sudah menjadi tradisi di negara kita Indonesia dan khususnya di tanah Jawa bahwa membaca surat Yasin di malam jumat menjadi keb...

0 Response to "Malam Jum'at Baca Yasin ataukah Al Kahfi ??"

Posting Komentar